Monday 12 January 2009

Membuat teks efek pecah dengan GIMP

Photobucket
Sebelumnya saya pernah membaca tutorial membuat teks efek pecah di ilmugrafis.com tapi menggunakan freeware inkscape.
Berhubung saya tidak terbiasa menggunakan inkscape, saya mencoba membuat teks efek pecah dengan GIMP, tentunya dengan tutorial yang berbeda.

Pertama-tama open layer baru , kemudian tulis teks dengan teks tool ( T ). Kali ini saya menggunakan font showcard gothic dengan ukuran 72 px
Photobucket
Kemudian buat bentuk segitiga dengan menggunakan free select tool ( F )


Setelah itu warnai teks didalam segitiga itu dengan bucket fill tool (shift +B), pilih warna yang kamu inginkan di foreground and background colors.

Photobucket
Photobucket
Photobucket

Untuk membuat efet pecah, kamu tinggal menggeser posisi segitiga tadi dengan menggunakan scale tool, tekan dibagian tengahnya kemudian geser.

Photobucket
Kenapa saya tidak menggunakan move tool ? karena nanti yang akan bergeser bukan segitiganya, tapi seluruh layer akan bergeser.

Lakukan langkah2 tersebut di bagian teks yang lainnya, hingga hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan….
Gampang kan….
Photobucket

Silahkan mencoba :)

3 comments:

g34rboxxx said...

Cool....Saya suak sama kamu...eh hasil karya mu, terus ciptakan hal-hal baru dengan gimp....GO OPEN SOURCE....Kalo bisa bikinnya di linux yach jadi belajar linux seklaian....hehehehe....

ademalsasa said...

Keren! Saya heran sekaligus senang melihat ada orang seperti anda. Rajin banget sih! Bagus pokoknya, terus share ilmu GIMP-nya boss!

Hidup opensource, dukung dan tulis artikel mengenai opensource! Demi majunya negeri kita,Indonesia!

Salam kenal sesama blogger!

Nuruli said...

makasih semua...
jadi semangat nih...
semangat ,,,
:D