Monday, 21 September 2009

Bikin gambar kartun 2

Lama ni ga bikin tutorial, nih saya kasi tutorial lagi ya, bikin gambar kartun part 2 ala nuruli.. haha
Siapin gambar ya… yang penting jelas dan ga’ ngeblur2…
Saya menggunakan gambar dari salah satu personel wong sekawan hehe… si mey
Fotonya lumayan jelas dan cantik kan orangnya… hehe suit suit…

Photobucket

1. Buka gambar di halaman baru GIMP , jangan di halaman rumah kamu lho ya…
2. Duplicted Gambar (SHIFT + CTRL + D)
Photobucket

Setelah itu beri efek warna hitam putih caranya :klik COLORS – DESATURATE (disini nanti ada 3 pilihan “lightness,luminosity,average” saya pilih yang no 2 yaitu LUMINOSITY ) – lalu klik OK .
Photobucket
Maka jadilah gambar berwarna hitam putih.


3. Duplicted lagi gambar yang hitam putih (SHIFT + CTRL + D)
Photobucket

4. Lalu invert gambar caranya : klik COLORS – INVERT
Photobucket

Photobucket

5. Setelah itu ganti mode layer menjadi DODGE
Photobucket

Photobucket

6. Langkah selanjutnya klik FILTERS – BLUR- GAUSIAN BLUR ( sesuaikan blur radiusnya sampai gambar terlihat seperti sketsa ) , jadi dalam tutorial ini kita sekaligus dapat mempelajari 2 tutorial pertama Membuat gambar menjadi seperti sketsa dan ke-2 membuat gambar kartun
Photobucket

7. Kurangi opacity gambar pada layer ke 3, agar lebih mudah untuk mewarnainya nanti, kalo menurut kamu gambar sudah pas untuk di warnai, kita tidak perlu mengurangi opacitynya
Photobucket

8. Open new layer ( SHIFT + CTRL + N) , dang anti layer mode menjadi MULTIPLY
Photobucket Photobucket

9. Mulailah mewarnai gambar dengan menngunakan PAINTBRUSH TOOLS, dan ERASER TOOLS untuk menghapus bagian yang pewarnaannya berlebihan . Pertama2 saya akan mewarnai rambutnya dulu, setelah itu baru bagian2 yang lainnya. Saat mewarnai setiap bagian jangan lupa menggunakan langkah no. 8 ,
Photobucket

dalam tahap ini kita juga mebutuhkan PATH TOOLS yaitu untuk membantu meratakan pewarnaan yang belom rata seperti ini
Photobucket Photobucket

Photobucket Photobucket

10. Warnai semua bagian sampai finish. Selamat mewarnai :D hehehe. Yang tlaten ya… biar bagus hasilnya… :D

Photobucket Photobucket

5 comments:

Enjoy THis Blog said...

Like this...

aku mau nyobalah klu gitu!!!

nuruli said...

silahkan mencoba... :D

ojik said...

nyang punya blog cakep..
mau lah..
:D

ojik said...

Nyang punya blog cakep..
maulah..
:D

Didi Maryadi said...

Aku Mau Coba ni tutorialnya neng ..
asalkan pake foto kamu yah neng :)
hihihihi :D

mampir http://projectfamily42.blogspot.com/